Yakin, Masih Mau Mengeluh?

Posting Komentar

Pict: Edited by me

Tak jarang, setiap dari kita pasti suka mengeluh dengan persoalan yang dihadapkan. Merasa kalau masalah yang ditemui itu berat dan rumit. Merasa jika tidak mampu menyelesaikannya. Atau malah merasa bahwa masalahnya sendiri yang paling berat.

Tapi siapa sangka. Keadaan yang kita keluhkan mungkin saja menjadi impian bagi orang-orang yang nasibnya tidak seberuntung kita. Rasa lelah dan kecewa yang kita keluhkan hari ini mungkin saja akan dirindukan kelak.

Makanya sekarang aku sadar, kalau mengeluh itu kurang baik. Bukannya mengurangi masalah, malah menambah masalah. Kalau dah begitukan, sudahlah merugikan diri sendiri, merugikan orang lain juga. Cuma membuang-buang waktu dan tenaga saja. Makanya, daripada mengeluh  mending fokus mencari pintu keluar masalahnya. Daripada berisik mengeluh sana-sini, lebih baik kalau mengeluhnya sama Allah. Percaya deh, pertolongan-Nya akan hadir di waktu yang tepat.

Ini ada beberapa tips versi aku yang barangkali bisa berpikir dua kali kalau mau mengeluh.

1.      Jangan Iri sama Kehidupan Orang Lain

Mungkin yang terlihat dari kehidupan orang lain itu tidak seindah seperti apa yang kita kira. Apalagi sekarang media sosial yang dipenuhi dengan kebahagiaan orang lain. Percayalah, setiap orang punya ujiannya masing-masing. Hanya persoalannya saja yang berbeda-beda. Anggap saja yang mereka tampakkan itu hanya terasnya saja, yang kita tidak tahu bagaimana gambaran isi di dalam rumahnya itu.

2.      Bersyukur

Coba sesekali kita melihat ke bawah. Agar kita tahu, bahwa ada yang hidupnya tidak seberuntung kita. Memang, ini sering terdengar di telinga kita. Tapi kalau mau diaplikasikan malah lupa. Begitu pun aku, pernah sampai merasa kalau masalah kita sendiri saja deh yang berat. Eh, beberapa hari kemudian ada yang curhat sama aku. Jadi, tamparan juga sih waktu itu. Sadar, kalau masih ada yang punya masalah yang lebih berat lagi daripada aku.

Bisa juga menyempatkan waktu setiap hari untuk menulis hal-hal yang kalian syukuri selama satu hari, seperti bisa bernapas, bisa melihat hal-hal yang baik itu juga termasuk hal yang harus disyukuri.

3.      Coba Berpikir Positif

Ini memang susah sih kalau belum terbiasa, makanya harus dibiasakan. Ingat pepatah, “Bisa karena Biasa”. Kalau aku, lingkungan memang berpengaruh besar sih bagiku. Makanya, gabunglah dengan lingkungan pertemanan yang berpikir positif agar secara tidak langsung membentuk kebiasaan untuk berpikir positif.

4.      Mengingat Dampak Negatif Akibat Keseringan Mengeluh

Sesekali mengeluh itu wajar kok, jadi kalau mau meluapkan rasa penat dan berat itu tidak salah. Hanya saja jangan berlebihan karena banyak dampak negatif yang akan kita dapatkan kalau sering mengeluh. Jangan sampai kita sering mengeluh, kemudian kita stres, dan malah sakit. Jangan dong, orang yang sakit saja harapannya mau sembuh. Ini malah orang yang sehat maunya mencari penyakit.

 

Sudah ya, sampai sini dulu ya. Kalau ada yang kurang, boleh banget tulis di komentar. Semoga secuil tips ini bisa bermanfaat ya. Bye...

 

 

Related Posts

Posting Komentar