Review Buku Belajar Cara Belajar

Posting Komentar

Sumber Gambar: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/belajar-cara-belajar


Judul Buku: Belajar Cara Belajar

Penulis: Syarif Rousyan Fikri, dkk.

Penerbit: Kepustakaan Populer Gramedia

Tahun Terbit: 2020

ISBN: 9786024813673

Jumlah Halaman: 172 halaman

Pengulas: Amelia

 

Bagi yang sudah mengenal dan sering menonton video Youtube-nya Hujan Tanda Tanya pasti sudah tak asing dengan buku yang diterbitkan dua tahun lalu ini. Buku yang dituliskan oleh Syarif Rousyan Fikri—pendiri Youtube Hujan Tanda Tanya dan aplikasi Pahamify—ini berisikan tentang Belajar Cara Belajar, yang mana keahlian ini sangat penting untuk manusia yang hidup di zaman modern seperti zaman sekarang ini. Bahkan saking pentingnya, salah satu psikolog yang bernama Herbert Gerjuoy menuliskan kutipannya yang akan ditemukan di halaman 4.

“Yang buta huruf di abad ke-21 itu bukanlah mereka yang tidak bisa baca dan tulis, melainkan mereka yang tidak bisa: belajar, belajar meninggalkan, dan belajar kembali.

Di dalamnya, disajikan 5 langkah belajar cara belajar atau bisa disingkat dengan KTPST.

1.      Kenapa Harus Belajar Cara Belajar?

Di bab pertama ini kita akan diberikan penjelasan tentang beberapa fakta dan mitos seputar belajar. Seperti pernyataan bahwa "Orang yang otak kanannya dominan lebih jago matematika, sementara orang yang otak kirinya dominan lebih kreatif" itu ternyata mitos. Karena faktanya, bakat itu tidak ditentukan dari dominasi salah satu otak saja. Justru, otak akan bekerja sama dalam segala hal yang kita lakukan. 

Di sini juga kita akan menguak misteri otak manusia yang bahwasanya otak manusia itu sifatnya elastis seperti plastik yang bisa disebut juga sebagai neuroplasticity. 

2.      Tujuan yang Kita Inginkan

Kenapa sih harus punya tujuan? Karena dengan memiliki tujuan, pikiran bisa menjadi lebih positif dan fokus. Sehingga memiliki tujuan bisa membuat hidup jadi lebih bahagia. Menurut Tony Hsieh, CEO Zappos (di halaman 31) menuliskan bahwa tujuan adalah tingkat kebahagiaan paling tinggi, yang sulit dicapai dan dapat bertahan lama. Ikigai adalah suatu konsep mencari tujuan hidup. Konsep yang dikenal oleh orang Jepang ini menggabungkan keempat aspek antara apa yang kita sukai, apa yang kita bisa, apa yang dibutuhkan oleh dunia, dan apakah bisa dibayar atau mendapatkan imbalan?

3.      Pola Pikir untuk Maju

Kebiasaan seperti membangun rasa penasaran, menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki gelombang otak yang sama, memulai kebiasaan positif meskipun kelihatannya kecil, fokus pada hal yang dapat dikendalikan, dan tabah dalam menghadapi masalah bisa menjadi tindakan yang membuat kita untuk memasang pola pikir untuk maju.

4.      Sistem yang Mendukung Belajar

Kebanyakan dari kita, saking fokusnya sama tujuan jadi lupa untuk membangun sistem. Sehingga, tak jarang kita akan cepat jenuh dan kecewa karena hasil yang kita inginkan tak kunjung kelihatan. Jika tujuan adalah sesuatu yang ingin dicapai, maka sistem adalah sesuatu yang mendukung supaya bisa mencapai tujuan.

“Bangunlah sistem belajar yang nyaman supaya belajar jadi rutinitas yang menyenangkan, bahkan jadi hobi.” – halaman 111.

5.      Teknik Belajar yang Pas

Pada langkah terakhir ini, kita diajak untuk membangun kemampuan belajar dengan memahami cara kerja otak dalam memproses informasi. Inilah bagian favoritku karena saat membaca bab ini, aku jadi sadar kalau selama ini teknik belajarku belum pas. Salah satunya adalah dalam memahami suatu materi.

Kata Albert Einstein, indikator kita paham suatu materi dengan baik adalah jika kita bisa menjelaskan ulang materi itu kepada orang lain dengan bahasa yang mudah dimengerti (halaman 126).

 

Itulah ringkasan tentang lima langkah belajar cara belajar. Buku ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang masih ingin terus belajar, meskipun sudah tidak menduduki bangku sekolah. Karena belajar bisa dari mana saja dan kapan saja. Meskipun pembahasannya mendalam, tapi buku ini mampu disajikan dengan menarik. Jumlah halaman yang tidak terlalu tebal dan isi di dalamnya banyak visualisasi sungguh asyik untuk dibaca. Apalagi setiap babnya diberikan latihan terkait materi yang telah dituliskan. Pasti lebih memudahkan kita untuk mengenali belajar cara belajar. Yuk baca yuk.

 

 

Related Posts

Posting Komentar