Perjalanan Memasang TLD di Handphone

Posting Komentar

Memasang domain melalui ponsel adalah kondisi yang harus saya pilih pada saat itu. Ponsel menjadi opsi yang solutif untuk keadaan saya yang sering pindah-pindah dan jaringan yang tengah bermasalah pada saat itu. Alhamdulillah meskipun begitu, proses mulai dari pembelian sampai pemasangan dapat terselesaikan dengan lancar dan jadilah seperti sekarang, yaitu berakhiran dot com (tanpa embel-embel blogspot lagi)!



Sekilas Tentang Domain

Jika website adalah rumah. Maka, domain adalah alamatnya. Sistem komputasi hanya memahami angka-angka, oleh sebab itu alamat untuk menuju ke website tersebut sebenarnya tersusun atas angka-angka yang disebut dengan Internet Protocol (IP) Address, contohnya seperti 216.239.32.21.

Setiap website memiliki Internet Protocol (IP) Address yang berbeda. Hal ini tentunya akan menyulitkan kita untuk mengingatnya. Di sinilah tujuannya domain, yaitu untuk memudahkan kita supaya bisa ingat setiap alamat website yang akan kita tuju.

Pada umumnya, sebuah domain terdiri atas tiga jenis, yaitu

1. Top Level Domain (TLD)

Disebut juga sebagai ekstensi domain. Jenis domain ini posisinya di bagian paling akhir pada sebuah domain. Di dalam TLD sendiri dibedakan menjadi:
Nama negara (ccTLD), contohnya seperti .id, artinya TLD ini ditujukan untuk Negara Indonesia.

Kegunaan dari sebuah website (gTLD), contohnya seperti .com, yang bermakna bahwa situs ini digunakan untuk kebutuhan komersial.

2. Second Level Domain

Disebut juga sebagai nama domain. Letaknya berada di bagian tengah, atau di depan TLD.

3. Third Level Domain

Domain jenis ini letaknya paling depan dari keseluruhan alamat website.



Pergantian dari blogspot.com menjadi .com

Supaya tidak bingung, pembahasan ini akan terbagi menjadi dua, yaitu proses pembelian dan pemasangan.

1. PEMBELIAN

1. Masuk ke halaman https://www.niagahoster.co.id/domain-murah yang akan tampil seperti layar berikut.


2. Kalian dapat mencari nama domain yang kalian inginkan pada kolom yang telah disediakan dan klik “cek sekarang”. Jika ada yang ingin ditanyakan atau terdapat kendala, bisa menghubungi customer service-nya di tanda percakapan yang berwarna ungu di pojok kanan bawah.

3. Jika domain yang kita cari tersedia, maka akan muncul tampilan seperti ini. Lalu klik “pilih” untuk melakukan proses berikutnya.


4. Langkah berikutnya adalah menyelesaikan pembayaran. Tahap ini menjadi tiga bagian, yaitu


1. Memilih durasi paket yang kita inginkan. Kita bisa memilih berapa lama domain yang akan digunakan, mau satu, dua, atau tiga tahun. Durasi yang berbeda memiliki harga yang berbeda pula. Jadi, kembali ke individu masing-masing mau beli domain untuk berapa lama.

2. Tahapan kedua adalah membuat akun. Jika sebelumnya kalian belum punya akun di niagahoster, maka kalian akan diminta untuk membuat akunnya terlebih dahulu supaya memudahkan proses selanjutnya. Caranya adalah dengan memasukkan email dan nomor telepon atau bisa juga dengan akun facebook atau google.
Tapi jika sebelumnya sudah membuat akun, kalian bisa pilih login. Tampilannya akan seperti berikut. Akun yang digunakan untuk login sama dengan akun yang kalian masukkan saat daftar sebelumnya.

3. Setelah itu, kita bisa memilih pembayaran yang akan kita lakukan. Banyak sekali opsi yang ditawarkan di sini, jadi memudahkan kita untuk membayar dalam kondisi apa pun. 
Setelah memilih pembayaran, kita akan diminta untuk mengisi form tentang identitas kita. Saya ambil contoh misalnya memilih BCA Virtual Account.


Setelah mengisi form dengan lengkap dan benar, klik “buat tagihan pembayaran”. Setelah itu, akan muncul kode virtual account untuk melakukan pembayaran. Prosesnya hampir sama seperti sistem pembayaran di marketplace, yaitu waktu pembayarannya diberikan selama 1x24 jam.

2. PEMASANGAN

Setelah pembayaran berhasil dilakukan, kita bisa menunggu sistem mengonfirmasi pembayaran kita. Waktu menunggunya kurang lebih 15-30 menit setelah pembayaran dinyatakan berhasil. Jika sampai 30 menit belum dinyatakan berhasil, kita bisa menghubungi adminnya. Alhamdulillah waktu itu kurang dari 15 menit pembayaran saya sudah terkonfirmasi. Setelah terkonfirmasi, kita bisa melakukan proses set up pelayanannya. Kali ini tidak semua proses sempat didokumentasikan, jadinya ada sebagian yang saya ambil dari langkah-langkah yang admin tunjukkan. 



1. Jika domainnya sudah aktif, maka domain dapat diarahkan ke blogspot. Namun sebelum itu, pastikan kita telah menggunakan Nameserver. Cara memastikannya adalah dengan mengetuk tombol kelola, dan pilih Nameserver berikut. Nameserver tersebut adalah nameserver Niagahoster yang lebih direkomendasikan. Niagahoster sudah memberikan fasilitas nama server yang akan mengarahkan domain kita ke server lain, seperti blogspot misalnya.



2. Setelah itu, pastikan kalau kita sudah menghapus A record defaultnya terlebih dahulu di DNS Management Anda, dan tambahkan lagi A record yang memuat alamat IP berikut:

216.239.32.21

216.239.32.21

216.239.32.21

216.239.32.21


3. Jika sudah aktif, maka domain dapat diarahkan ke blogspot. Pilih menu setelan atau setting kemudian pilih domain kustom. 

4. Tuliskan www pada awal domain


6. Kembali lagi ke bagian kelola DNS Record untuk mengganti CNAME nya dengan memasukkan kedua CNAME tersebut. Caranya adalah dengan menghapus CNAME default kemudian baru tambahkan. Setelah memasukkan CNAME, klik save record. Supaya CNAME kita bisa disimpan di Niagahoster. Dalam waktu 1 menit, CNAME itu muncul di DNS Management.


7. Kembali lagi ke domain kustom. Sekarang saatnya menyimpan domain yang telah dituliskan tadi dengan memilih tombol simpan.

8. Setelah itu, tunggu sampai 1x24 jam agar domain mengarah ke server.

9. Belum sampai 24 jam saya sudah bisa melihat domain yang mengarah ke server blog saya. Namun, karena SSL nya belum hidup, maka bisa dengan menghidupkannya di HTTPS ini.


10. Dalam waktu satu malam, SSL sudah aktif. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini.




Related Posts

Posting Komentar