Ulasan Infinix Note 10 Menjelang 2 Tahun Pemakaian

Posting Komentar


sumber gambar: techandroids.com


Ponsel menjadi barang yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Tak dipungkiri, penggunaan smartphone saat ini mendominasi segala aktivitas, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi.

Layaknya pisau, teknologi yang satu ini juga memiliki dua sisi yang berlawanan. Jika kita dapat menggunakannya dengan bijak, maka kehadiran ponsel menjadi sangat berguna bagi kita. Namun, jika tidak, maka ponsel dapat mendatangkan kemudharatan bagi penggunanya. Jadi pandai-pandailah memanfaatkan smartphone yang kita punya.

Setiap orang pasti memiliki kriteria smartphone yang berbeda-beda. Oleh karena itu, istilah membanding-bandingkan antara satu handphone ke handphone lain menurut saya kurang etis. Karena setiap ponsel pastinya memiliki sisi lebih dan sisi kurangnya, bukan?


Waktu itu, saya tidak punya kriteria yang muluk-muluk. Saya hanya ingin memiliki kapasitas memori yang luas dengan harga yang terjangkau. Suasana sekolah daring pada kala itu membuat saya harus memasang sejumlah aplikasi belajar dan membuat ponsel saya yang penyimpanannya sebesar 1,5GB + 8GB menjadi kewalahan. Chat di whatsapp sering dihapus, pasang copot aplikasi yang mau dipakai, handphone pun jadi sering nge-lag, dan berbagai permasalahan lain.

Keterbatasan itulah yang membuat saya mau tidak mau harus membeli handphone baru dengan penyimpanan yang lebih luas. Penjual ponsel pada saat itu menawarkan Infinix Note 10 kepada saya. Sebuah merek hp yang baru pertama kali saya dengar pada saat itu.




Infinix meluncurkan Infinix Note 10 pada tahun 2021. Mereka adalah Infinix Note 10, Note 10 Pro, dan Note 10 Pro NFC. Setelah itu baru meluncurkan kelas-kelas lainnya. Saya sendiri menggunakan Infinix Note 10 dengan RAM 6GB ROM 128GB. Alhamdulillah kinerja dan performanya masih bagus meskipun sudah dua tahun pemakaian.


Desain Fisik Infinix Note 10

Warna yang disajikan dari Infinix Note 10 terkesan unik, yaitu hitam (black), ungu (purple), dan hijau zamrud (emerald green). Meskipun mematok harga yang terkesan murah, namun performa yang diusungnya tidak dapat dikatakan murahan. Sesuai dengan apa yang telah dikatakan oleh Sergio Ticoalu, manajer pemasaran Infinix Mobile di Negara Indonesia. Beliau memaparkan bahwasanya “Note 10 Series merupakan solusi paling tepat bagi anak muda zaman sekarang yang menginginkan smartphone dengan harga ramah kantong serta memiliki performa terbaik. Smartphone ini mencakup kebutuhan semua kalangan; mulai dari pekerja professional, pecinta hiburan, hingga pengguna sehari-hari pada umumnya.”

Infinix Note 10 menghadirkan 3 kapasitas memori, yaitu 4GB + 64GB, 4GB + 128GB, 6GB + 128GB. Ketiga-tiganya juga dipatok dengan harga yang berbeda pula. Selain memori internal, ponsel ini juga memberikan ruang untuk meletakkan microSD sebagai memori eksternal. Lumayan banyak, bukan?

Selain itu, ponsel ini juga menyajikan kamera yang cukup mumpuni. Terdapat tiga sensor di kamera belakang dengan sensor utama sebesar 48 megapixel dan fitur autofocus (AF) yang dapat memudahkan penggunanya untuk mengambil objek dengan lebih fokus. Terdapat pula sensor kedalaman 2 MP yang sangat berguna untuk menangkap objek yang lebih kecil. Serta sensor monokrom sebesar 2 MP juga yang dapat berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas pada cahaya rendah.

Infinix Note 10 juga menyajikan kamera depan dengan resolusi sebesar 16 MP. Jumlah resolusi sebesar ini sudah bisa dibilang bagus dan menghasilkan kualitas foto yang mengesankan. Bagaimana, dari sisi kamera, gawai ini terbilang cukup ok, bukan?

Smartphone Infinix Note 10 juga mendukung sensor sidik jari di samping layar, tepatnya di tombol pembuka atau penutup daya. Tersedia juga fitur pemindai layar, yang akan mendeteksi muka setiap orang yang ingin membuka ponsel tersebut.

Untuk tombol-tombol lainnya masih seperti smartphone pada umumnya. Di atas tombol daya terdapat tombol untuk mengatur volume suara. SIM card terdapat di sisi kiri, port charger, port earphone, dan speaker terletak di sisi bawah.


Kelebihan dan Kekurangan Infinix Note 10




Seperti yang telah disinggung di awal-awal paragraf, setiap handphone pasti ada sisi lebih dan sisi kurangnya. Ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pembeli, karena setiap orang kan kebutuhannya berbeda-beda.

Kelebihan Infinix Note 10

Menurut saya kelebihan yang dimiliki oleh Infinix Note 10 ini tidak bisa disepelekan meskipun masih banyak yang kurang tertarik. Kelebihan-kelebihan ini dapat disetarakan dengan ponsel-ponsel yang mengusung harga 3 jutaan.

Kapasitas penyimpanan yang cukup besar

Ini adalah kelebihan yang paling pertama dan utama yang saya inginkan. Dengan RAM 6GB, tentunya tidak akan membuat sistem berjalan dengan lemot. Sedangkan ROM sebesar 128GB membuat pengguna bisa menyimpan berkas-berkas apa saja yang kita inginkan.

Kapasitas Baterai yang Tahan Lama dan Fast Charging

Kelebihan ini juga dapat mendukung saya ketika nugas yang memakan waktu lama. Dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, membuat baterai ini dapat bertahan sampai satu harian jika ponsel ini digunakan. Berbeda lagi jika ponsel tidak digunakan, baterai dapat bertahan selama lebih dari satu hari satu malam.

Sistem fast charging yang dibawakan oleh ponsel ini sebesar 18W. Artinya, butuh waktu kurang lebih dua jam dari kondisi nol persen sampai baterai terisi penuh. Menurut saya, ini dapat dikatakan cepat, apalagi selama ponsel di cas, kita sambil melakukan kegiatan-kegiatan lain. Tiba-tiba sudah 100% aja tuh.

Kamera yang Berkualitas

Jika ditilik dari kualitas kamera yang saya sebutkan, kamera yang diusung oleh Infinix Note 10 juga tidak kalah dalam persaingan. Selain mendukung fotografi, ponsel ini juga mendukung pengguna yang tertarik dalam videografi, karena menggunakan dua resolusi yaitu 1440p@30fps (untuk kamera belakang) dan 1080p@30fps (untuk kamera depan). FPS adalah singkatan dari frame per second, yang artinya semakin tinggi fps nya, maka semakin halus pula kualitas video yang ditampilkan.


Mendukung Gaming

Saya tidak menyangka jika handphone ini ternyata support gaming. Setelah dibaca-baca, ternyata ada chipset MediaTek Helio G85 12 nm yang memang dirancang untuk mendukung gaming. Chipset ini juga dapat meningkatkan kinerja kamera AI seperti Google Lens dan pemotretan bokeh.

Kombinasi antara kapasitas penyimpanan yang besar, Chipset yang kencang, dan layar sebesar 6.95 inch yang berpanel IPS (In Plane Switching), menjadikan ponsel ini cocok bagi kalian yang menginginkan ponsel gaming dengan harga yang terjangkau.


Kekurangan Infinix Note 10

Teknologi NFC Belum Tersedia

Jika dibandingkan dengan produk-produk Infinix yang lain, Infinix Note 10 termasuk salah satu produk yang belum disediakan fitur NFC. NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication, yaitu proses mentransferkan segala data (mulai dari foto, video, dokumen, dan lain-lain) dari perangkat satu ke perangkat lain dengan satu sentuhan. Namun, karena fitur ini masih terdengar asing di wilayah saya, maka kelemahan ini tidaklah terlalu berdampak bagi saya.

Tidak Ada Lapisan Pelindung pada Layar

Ini juga menjadi keterkejutan bagi saya pada saat membeli ponsel ini. Oleh karena itu, jika ingin layar ponselnya terlindungi, pengguna harus membeli anti gorenya sendiri.

Ukuran Layar yang Terlalu Besar

Tidak selebar seperti ponsel lain yang mengusung harga dua jutaan, layar Infinix Note 10 menurut saya cukup lebar sehingga rumit kalau mau dibawa bepergian.


Cerita Menjelang Dua Tahun Pemakaian

Ponsel ini diluncurkan pada Mei 2021 dan saya membelinya pada September 2021. Pertama kali pakai, rasanya seperti ayam yang keluar dari kandang. Bebas, tidak lagi kepikiran mau unduh aplikasi apa saja karena memori penyimpanannya 16 kali lipat lebih besar daripada ponsel sebelumnya.

Meskipun saya sering menggunakan ponsel ini bahkan jatuh berulang kali (akibat teledor), alhamdulillah sistem kinerjanya masih sama seperti dulu, cepat dan tidak mengalami ngelag. Kalaupun ada, itu karena jaringan internet saat browsing di mesin pencarian. Haha.

Palingan yang membedakannya adalah baterai menjadi lebih cepat habis daripada awalnya. Mungkin karena keteledoran saya dan juga pengaruh dari usia ponsel yang kinerjanya mulai menghilang seiring berjalannya masa. Namun, untuk saat ini saya masih belum mempermasalahkannya. Karena ia akan tetap bertahan sekitar 12 jam meskipun sering digunakan.

Pengalaman selfie, motret, dan rekam video di handphone ini juga tidak mengecewakan, meskipun kadang sering insecure kalau ngumpul dengan teman-teman yang harga ponselnya lebih tinggi daripada ini. It’s okay, yang penting masih bagus, saya harus tetap mencintai dan mensyukurinya.


Sekian ulasan tentang Infinix Note 10 yang saya gunakan saat ini. Terlepas dari lingkaran pertemanan yang menggunakan smartphone yang bermerek terkenal, saya sendiri belum ada niat untuk membeli ponsel lagi dalam waktu dekat karena memang masih nyaman(?)

Eh, engga deng. Selagi ponsel ini rasanya masih dapat digunakan dan mendukung segala proses pembelajaran, saya akan tetap bersama ponsel ini. InsyaAllah.

Related Posts

Posting Komentar