Mengenal Google Analytics dan Langkah-Langkah Memasangkannya

Posting Komentar

 


Blog merupakan salah satu media yang penting untuk membangun personal branding seseorang ataupun sebuah perusahaan. Dalam hal ini, peran google analytics juga tidak boleh ditinggalkan. Sebuah aplikasi berbasis web ini berfungsi untuk menganalisis kinerja blog ataupun website kita. Salah satunya adalah mendapatkan informasi tentang pengunjung atau aktivitas yang dilakukan pengunjung di website atau blog kita.

Senin kemarin, saya mendapatkan materi ini dari kelas ODOP Blogger Squad dari Kak Sugianto atau biasanya disapa dengan Kang Ugi. Materi yang sangat sangat baru dan asing bagi saya pribadi. Tapi alhamdulillah, beliau bisa menjelaskannya dengan rinci dan mudah dipahami. Mulai dari pengenalan hingga langkah-langkah pemasangannya. Tinggal dipelajari dan dikulik lebih dalam lagi karena saat ini belum membutuhkan google analytics. Tapi enggak ada salahnya juga kalau memang bisa dipelajari saat ini. Ya kan?

Sekilas Tentang Google Analytics (GA)

Mengulas kembali dari materi yang telah disampaikan Kang Ugi, Google Analytics (GA) adalah salah satu layanan dan tools yang disediakan oleh Google untuk menilai dan mengoptimalkan performa blog. Adanya fitur tracking code blog dapat memantau trafik pada blog atau website kita. Dengan begitu akan memudahkan kita untuk melihat performa blog atau website kita dan mengetahui konten mana yang populer.

Langkah-Langkah Pemasangan Google Analytics (GA4) di Blogspot

Langkah-langkah pemasangan google analytics ini tuh sebenarnya tidak sulit. Asalkan kita teliti dan sabar. Perhatikan dengan seksama step-by-step yang sudah diarahkan. Kalian bisa mengikuti cara-caranya dari awal buanget karena saya pun masangnya dari awal. Pada kesempatan ini, saya memasangkannya di blogspot via laptop.

PEMBUATAN AKUN

1. Buka situs analytics.google.com dan tekan tombol “Mulai Mengukur”. 


2. Tahap pertama adalah pembuatan akun. Pada tahap ini kita diminta untuk mengisi nama akun GA kita.

3. Kedua, pembuatan property. Di sini kita akan menuliskan nama property, menentukan zona waktu berdasarkan negara yang kita tinggali, dan mata uang.

4. Ketiga, rincian bisnis. Isi detail bisnis sesuai dengan niche blog atau bisnis kita.

5. Keempat, tujuan bisnis. Kalau kata Kang Ugi, sebagai blogger pilih opsi memperoleh proyek atau generate leads saja. Kalaupun untuk jaga-jaga, takutnya engga muncul, kita bisa memilih meningkatkan brand awareness juga.

6. Setelah itu, kita akan diarahkan ke perjanjian persyaratan layanan google analytics. Untuk bisa membaca perjanjiannya, silakan atur bahasanya ke dalam bahasa yang kalian pahami (contohnya bahasa Indonesia). Setelah itu, centang kotak yang ada di paling bawah dan tekan “saya setuju”.

7. Kelima, pembuatan akun. Di tahap terakhir dari pembuatan akun ini, kita bisa memilih platform yang akan kita gunakan. Karena saya blogger, maka saya memilih platform web.

PEMASANGAN AKUN

1. Siapkan aliran data web. Kita bisa menuliskan url situs blog kita dan nama aliran datanya. Setelah itu, klik tombol buat aliran data.


2. Setelah membuat aliran data web, kita akan mendapatkan detail informasi aliran data mulai dari nama aliran data, url aliran data, ID aliran data, dan ID pengukuran. ID pengukuran inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat Google Tag Manager (GTM). Oleh karena itu, sebaiknya disalin terlebih dahulu di aplikasi lain seperti Notepad. 

3. Copy dan paste kode / script pada bagian install secara manual. Install secara manual adalah pilihan bagi pengguna blogspot.

4. Setelah itu, buka halaman script parsing lalu paste script tadi ke bagian yang sudah disediakan. Klik parse. Setelah itu muncul kode, silakan copy kode yang sudah di parse.

5. Buka blog kita dan masuk ke tema blog. Cadangkan kode html yang Menyusun pilihan tema kita. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan-kesalahan berikutnya.

6. Jika sudah dicadangkan, maka lakukanlah pengeditan HTML dan paste script tag tadi. Script tag itu dipaste pada bagian bawah <head>. Setelah itu, baru deh simpan.

7. Bonus: Data-data tidak akan langsung muncul begitu saja saat kita telah menyelesaikan pemasangan akun GA. Perlu waktu paling tidak 1x24 jam agar data bisa terbaca. 

Selesai(?) Eh belum deng. Masih ada banyak steps yang harus kita lalui. Karena kita belum tahu nih, apakah Google Analytics tadi benar-benar sudah terkoneksi dan berfungsi dengan benar atau belum. Cara untuk memastikannya adalah dengan menghubungkan GA tadi dengan Google Tag Manager (GTM). Langkah awalnya adalah dengan membuat akun GTM. Bagaimana caranya?

PEMBUATAN AKUN GOOGLE TAG MANAGER (GTM)

1. Buka link https://tagmanager.google.com/ dan pilih “Buat Akun”.

2. Isi data-data yang sesuai dengan identitas blog kita. Mulai dari nama akun dan negara. Setelah itu, tuliskan nama penampung dan pilih platform target. Untuk blog, pilihlah platform web. Setelah itu klik tombol buat.

3. Kita akan dibawa ke bagian perjanjian persyaratan layanan google tag manager. Scroll ke bawah dan centang kotak di sebelah tulisan “saya juga menyetujui persyaratan pemrosesan data sebagaimana diwajibkan oleh GDPR”.

4. Kemudian, klik tombol “ya”.

5. Setelah itu, kita akan diarahkan ke dua kode instal google tag manager. Untuk kode atas dipasang di atas tag HTML </head> dan kode kedua ada di atas bagian </body>.

6. Masuk ke dashboard blogspot dan pilih bagian tema.

7. Pilih bagian pengeditan HTML dan lakukan pengeditan sesuai dengan petunjuk nomor 5.

8. Pilih tombol simpan jika semua script tadi sudah dipasang pada blogspot template.

PEMBUATAN TAG BARU PADA GTM

1. Masuk ke akun GTM yang sudah kita buat.
2. Pilih tambahkan tag baru pada pilihan tag baru.

3. Klik logo yang bergambar pensil di sebelah kanan konfigurasi tag. Pilih Google Analytics. GA4: Configuration.

4. Pada bagian Measurement ID, isikan ID yang telah di salin di Notepad tadi.

5. Pada bagian kolom untuk ditetapkan, pilih tambahkan baris dan tuliskan nama kolom dengan page view.

6. Kemudian klik tombol simpan di pojok kanan atas.

7. Pada bagian pemicuan, pilih bagian all pages untuk menyimpan tag yang sudah dibuat.

PENGECEKAN GA4

1. Masuk ke akun GTM kita. 

2. Pilih bagian pratinjau di sisi kanan atas dan secara otomatis halaman kita akan diarahkan ke tampilan Tag Assistant. Di halaman ini, kita bisa menuliskan alamat url blog atau website kita, lalu pilih connect.

3. Tampilan Tag Assistant akan menampilkan blog kita. Biarkan tag assistant dalam keadaan connected.

4. Buka lagi Google Analytics pada tab lain untuk menjalankan debug view. Caranya adalah dengan masuk ke menu admin, pilih bagian property dan geser ke bawah sampai menemukan pilihan debug view.

5. Klik debug view, maka pada sisi kanan akan muncul debug device.

6. Jika sudah berhasil, bisa kembali ke GTM Workspace dan klik tombol kirim di sisi kanan atas sebelah pratinjau.


Kesimpulan

Sebagaimana kata Mbak Widyanti Yuliandari, ketua IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis) yang disampaikan oleh Mbak Nimas, menjadi blogger itu harus melek teknologi karena kita sudah masuk ke bidang yang dekat sekali dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mempelajari tentang teknologi itu juga tidak ada habisnya dan tidak ada usainya. Karena hari demi hari teknologi selalu berganti dan selalu saja ada pembaruan yang menyertainya.


Related Posts

Posting Komentar