Prosedur Pemasangan Template Blog – Yuk Percantik Blogmu!

Posting Komentar
Layaknya penampilan kita dan rumah yang kita tinggali, penampilan blog juga menjadi sebuah hal yang krusial untuk diperhatikan. Tampilan blog yang ciamik dan user friendly akan membuat pengunjung dan Mbak Google tertarik dengan blog kita. Selain itu, kita sebagai pemilik blog juga engga bakal malas kalau lihat tampilan yang engga bosenin.

Memilih template yang SEO friendly adalah langkah yang tepat untuk mempercantik dan membuat blog menjadi user friendly. Sebenarnya di blogspot sendiri sudah menyediakan beberapa template yang bisa didapatkan secara gratis. Namun, pilihannya yang terbatas dan belum SEO friendly membuat user tidak jarang mencari template di website lain. Salah satu website yang menyediakan template blog yang user friendly adalah igniel. Di sana kita dapat menemukan template yang gratis maupun berbayar. Selain itu, masih banyak lagi template lain yang bisa kalian cari di Google.

Template pada blog ini menggunakan template Fiksioner dari Igniel.com. Sifatnya yang gratis, mudah dipasang, SEO friendly, dan kelebihan-kelebihan lain menjadi alasan memilih tema ini. Tidak sedikit para coach Oprec ODOP Blogger Squad pula menggunakan template ini. Sejak Pak Yonal menyebut igniel di sesi pembahasan niche dan istilah blog, saya jadi kepoin tema itu dan mulai mencoba memasangkannya. Alhamdulillah, Kamis kemarin ada diskusi membahas tentang template blog bersama Mbak Nimas. Jadi tahu nih, apa saja kekurangan saat pemasangan template kemarin. Terima kasih Mbak Nimas sudah bantu ngasih saran dan bantuan tentang tampilan blog ini.

Prosedur pemasangan template blog ini saya bagi menjadi dua, yaitu pemasangan dan pengeditan. Blog yang SEO friendly juga harus punya tampilan dan tata letak yang user friendly pula. Oleh karena itu, pengeditan pada bagian ini juga tidak kalah pentingnya.

Pada diskusi kemarin, Mbak Nimas bilang jika tampilan blog yang user friendly itu memiliki beberapa prinsip dasar, yaitu:

1. Sequence

Prinsip yang pertama ini merujuk ke bagaimana urutan artikel yang tampil pada blog kita. Aliran informasi yang disajikan secara runut dapat memudahkan pembaca untuk menjelajahi artikel dengan mudah. Tidak menutup kemungkinan, kemudahan ini juga dapat membantu pembaca menemukan konten yang menarik dan relevan dengan yang dicari. Contohnya adalah bagian postingan terbaru. Biasanya, postingan yang baru dipublish akan diletakkan pada posisi paling atas. Kondisi ini akan membuat pembaca untuk membaca artikel yang paling atas terlebih dahulu.

2. Emphasis

Prinsip emphasis atau penekanan pada tampilan blog merujuk ke desain font atau warna yang menyoroti bagian-bagian tertentu, seperti ukuran judul utama yang cenderung lebih besar dibandingkan tulisan-tulisan di bawahnya. Bisa juga dengan menebalkan kata-kata penting pada penjelasan artikel.

3. Balance

Pengaturan layout pada sebuah blog juga harus diperhatikan. Proporsi antara sisi kiri dan sisi kanan haruslah seimbang. Selain itu, ukuran gambar untuk header juga jangan sampai terlalu besar dan membuat artikel utama menjadi terlalu ke bawah.

4. Unity

Penting bagi setiap blogger untuk memperhatikan kesatuan di setiap elemen. Mulai dari artikel yang ditulis, gambar yang mendukung, tata letak, hingga pengaturan-pengaturan internal seperti performa blog, kecepatan loading, dan kawan-kawannya. Pilihlah warna yang bisa dipadu padankan dengan blog kita dan konsisten dengan warna yang sudah kita pilih itu.

Langkah-Langkah Pemasangan Template Blog Menggunakan Fiksioner dari Igniel.com

1. Klik tautan ini dan pilih fiksioner. Informasi atau gambaran tentang tema tersebut juga sudah tertera di sana. Jadi, bisa dikepoin dan dibaca ya.

2. Langsung klik download jika kalian pilih versi gratis.

3. Semua file tersebut digabungkan jadi satu dalam format zip. Oleh karena itu, kita perlu membukanya dengan ZIP Ekstraktor untuk mengekstraknya.

4. Jika sudah, maka pilih dan simpan file yang namanya Fiksioner v3 dan formatnya xml.

5. Untuk pemasangannya, pergi ke dashboard blog dan pilih tema.

6. Klik tombol segitiga untuk memilih opsi cadangkan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi error jika tema ini mau dipasangkan.

7. Jika sudah dicadangkan, kalian bisa pilih pulihkan dan unggah template yang telah diunduh tadi.

Setelah template berhasil diganti, langkah selanjutnya adalah mengatur dan merapikan tampilan dan tata letak. Template yang sudah di download tadi masih dalam penataan yang umum. Jadi, harus diedit dulu kalau memang mau sesuai dengan keinginan kita. Untuk warna dan jenis font dapat diatur di dashboard blog -> tema atau theme -> sesuaikan. Sedangkan untuk tata letak, bisa diatur di dashboard blog -> tata letak atau layout -> atur serapi mungkin.

Langkah-Langkah Pengeditan Template Blog

Mengedit Menu di Bagian Header

Bagian yang paling atas ini dapat membuat pembaca langsung menuju ke artikel yang hendak dibaca. Misalnya, pembaca yang ingin membaca artikel tentang teknologi bisa langsung memilih garis segitiga di pojok kiri atas -> kategori -> teknologi. Cara mengedit menu adalah sebagai berikut:

Tata letak -> Header -> Klik tombol pensil pada bagian menu -> edit judul sesuai keinginan kalian -> copy and paste skrip berikut di bagian konten -> edit skrip yang sudah disediakan pada bagian konten -> simpan.

Membuat identitas Blogger pada bagian sidebar

Pada umumnya, tampilan blog ataupun website dimulai dari sebelah kiri. Itulah sebabnya, sisi kiri selalu digunakan untuk menampilkan artikel-artikel yang kita publish (informasi pokok). Sedangkan sisi kanannya menyajikan informasi tentang identitas blogger, label atau kategori, atau informasi lainnya yang bersifat mendukung. Untuk membuat identitas blogger ini caranya adalah sebagai berikut:

Tata letak -> sidebar -> tambahkan gadget -> pilih HTML/JavaScript -> edit -> simpan.

Membatasi Postingan Populer

Postingan yang dimasukkan dalam kriteria popular perlu di sesuaikan. Jangan sampai artikel-artikel yang dikumpulkan dalam kategori populer menjadi terlalu banyak dan membuat sisi kiri dan kanan tidak seimbang. Langkah-langkah untuk membatasinya adalah:

Tata Letak -> Sidebarsticky -> Populer -> Jumlah maksimum postingan yang ditampilkan -> simpan.

Masukkan Link Media Sosial yang Aktif

Logo Media Sosial yang diletakkan pada bagian bawah dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk memamerkan akun sosial media kita. Pada template fiksioner sendiri menyajikan lima logo, yaitu facebook, Instagram, twitter, youtube, dan pinterest. Kalian bisa menggunakan semuanya atau sebagiannya sesuai dengan keinginan kalian. Langkah-langkah memasukkan link sosial media:

Tata Letak -> Footertop -> sosial media -> edit skrip yang ada di bagian konten dan ubah dengan link sosmed kalian -> simpan.

Mengatur Thumbnail yang Tidak Muncul

Pada saat pemasangan pertama, thumbnail pada laman beranda tidak muncul membuat saya harus mengulang kembali pemasangan templatenya. Dan karena sudah pasang kode GA dan GSC nya, maka harus copy dahulu tema yang sudah digunakan. Caranya adalah dengan tekan ctrl + a dan ctrl + c untuk menyalinnya. Kemudian buka Notepad dan ctrl + v untuk menitipkannya di sana. Setelah itu, unggah file xml dengan template yang sama. Cara mengunggahnya adalah sebagai berikut:

Pergi ke dashboard blog -> tema -> klik segitiga -> pulihkan -> masukkan file.

Thumbnail yang sudah muncul menandakan kalau langkah tadi sudah berhasil. Jika sudah, jangan lupa letakkan lagi kode GA/GSC di tempat yang sudah disediakan.

Begitulah sekilas proses pemasangan dan pengeditan yang saya lakukan. Susah susah gampang lah wkwk, yang penting teliti dan sabar. Last but not least, kalau kata Mbak Maria, jangan sering gonta-ganti template (emang pacar, gonta-ganti mulu). Entar pihak SEO dan pengunjung bakal ragu dengan orisinalitas blog kita. Selamat mencoba, guys!

Related Posts

Posting Komentar